Kamis, 27 September 2012

Panahan atau Memanah

Olahraga Panahan Atau Memanah


Panahan atau memanah (Bahasa Inggrisnya Archery) adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Bukti-bukti menunjukkan bahwa sejarah panahan telah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu yang awalnya digunakan untuk berburu dan kemudian berkembang sebagai senjata dalam pertempuran dan kemudian sebagai olahraga ketepatan.
Seseorang yang gemar atau merupakan ahli dalam memanah disebut juga sebagai pemanah. Atlet panahan Indonesia yang pernah meraih perak di Olimpiade adalah Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani di bawah bimbingan atlet panahan senior Donald Pandiangan.

Negara pertama yang mulai menganggap bahwa panahan itu olahraga adalah Inggris. Dengan catatan sejarah pada tahun 1676 atas campur tangan raja Charles II yang mengadakan perlombaan panahan pada masa itu, hal ini menginspirasi Negara-negara lain dan mulai sedikit merubah anggapan bahwa panahan tidak lagi untuk peperangan tapi sekedar untuk olahraga.   


Begitu juga dengan sejarah perkembangan panahan Indonesia guys….., sama halnya dengan panahan di dunia. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah barang peninggalan sejarah yang menunjukkan kalo dalam kehidupan jaman dulu keseharian kita juga pake panah buat perang ato bertahan hidup.
Kalo dari cerita pewayangan misalnya, juga terdapat tokoh-tokoh pemanah Indonesia seperti Arjuna, Ekalaya, dan Srikandi. Dengan adanya bukti-buktitersebut dapat dilihat kalo Indonesia juga banyak berkecimpung pada dunia pemanahan, sedangkan perlombaan pertama yang teroganisir di adakan pada tahun 1959 di Surabaya, namun sebelumnya telah terbentuk Persatuan Panahan Indonesia atau biasa disingkat dengan PERPANI pada tanggal 12 Juli 1953 di Yogyakarta yang dibentuk oleh Sri Paku Alam VIII.
Teknik dasar ato posisi panahan sendiri cukup mudah buat dipraktekkan kok Guys, yaitu:
1. Berdiri tegak dengan posisi kaki sejajar,
2. Mulailah dengan memasang panah dan posisinya,
3. Gunakan jari telunjuk, tengah dan manis untuk menarik string dari busur panah,
4. Tangan satunya (kanan) digunakan untuk menahan body busur panah,
5. Dilanjutkan dengan posisi angker yaitu posisi string busur panah terletak di tengah dagu, bibir, dan hidung, posisi ini bermanfaat untuk awal membidik target,
6. Selanjutnya adalah membidik, dilakukan dengan menyeimbangkan berat badan kemudian ditumpukan di tengah, otot bahu digunakan secara seimbang, dan posisi badan tegak lurus.
7. Gerakan selanjutnya adalah tarik penuh anak panah (full draw)
8. Terakhir yaitu melepaskan anak panah
Buat kalian yang hobi banget sama olahraga ini, terus lanjutin ya, supaya kalian bisa meramaikan kegiatan panahan di Indonesia khususnya dan mempertahankannya.

4 komentar: